Selasa, 05 Agustus 2014

LAPORAN BHT: PENGENALAN ORDO ORTHOPTERA


















PENGENALAN ORDO ORTHOPTERA






















I.                   PENDAULUAN

1.1.            Latar Belakang
Serangga merupakan golongan hewan yang dominan di bumi sekarang ini yang jumlahnya kira-kira 50% dari jumlah populasi makhluk hidup dibumi. Dalam jumlah,mereka melebihi hewan melata daratan lainnya. Penggolongan serangga dibagi atas 10 ordo seperti orthoptera,isoptera,dermaptera,Lepidoptera,coleopteran,hemiptera,odonata,diptera,hymenoptera,thysanoptera. Golongan serangga ini sebagian anggotanya dikenal sebagai pemakan tumbuhan,namun ada beberapa diantaranya yang bertindak seperti predator. Sewaktu istirahat sayap bagian belakangnya dilipat secara lurus kebawah sayap depan. Sayap depan mempunyai ukuran yang lebih sempit dari pada sayap belakang.
Pada pratikum kali ini akan membahas mengenai ordo orthoptera dengan menggunakan specimen nimfa dan imago dari belalang (Valanga nigricornis). Orthoptera berarti bersayap lurus,serangga yang tergolong dalam ordo ini melipatkan sayapnya saat istirahat. Belalang merupakan serangga herbivore,sehingga ini memiliki antenna yang hamper selalu lebih pendek dari tubuhnya dan memiliki ovipositor pendek.

1.2.            Tujuan
Adapun tujuan dari pratikum yang dilakukan kali ini adalah mengenal berbagai jenis ordo serangga dan mempelajari struktur tubuh pada belalang.







II.                TIJAUAN PUSTAKA



Klasifikasi Belalang (Valanga nigricornis) :
Kingdom    :      Animalia
Filum          :      Arthropoda
Kelas          :      Insecta
Ordo           :      Orthoptera
Famili         :      Acridoidea
Genus         :      Valanga
Spesies       :      Valanga Nigricornis
Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera.Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek. Suara yang ditimbulkan beberapa spesies belalang biasanya dihasilkan dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau abdomen (disebutstridulasi), atau karena kepakan sayapnya sewaktu terbang. Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat.Serangga ini umumnya bersayap, walaupun sayapnya kadang tidak dapat dipergunakan untuk terbang. Belalang betina umumnya berukuran lebih besar dari belalang jantan (wikipedia,2012).
Belalang merupakan serangga herbivora, serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan memiliki ovipositor pendek. Suara yang dihasilkan oleh beberapa spesies belalang biasanya dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau abdomen ( disebut stridulasi ). Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat, belalangn memiliki dua pasang kaki, sayap lurus (Wahyu, 2011).
Secara morfologi, tubuh serangga dewasa dapat dibedakan menjadi tiga bagian utama, sementara bentuk pradewasa biasanya menyerupai moyangnya, hewan lunak beruas mirip cacing. Ketiga bagian tubuh serangga dewasa adalah kepala (caput), dada (thorax), dan perut (abdomen) (wikipedia,2010).
Belalang (Valanga nigricornis) yang tergolog dari ordo orthoptera biasa disebut dengan belalang kayu. Belalang kayu memiliki ciri-ciri antara lain memiliki antena pendek, organ pendengaran terletak pada ruas abdomen serta alat petelur yang pendek. Kebanyakan warnanya kelabu atau kecoklatan dan beberapa mempunyai warna cemerlang pada sayap belakang.Serangga ini termasuk pemakan tumbuhan dan sering kali merusak tanaman.Adapun alat mulutnya bertipe penggigit pengunyah (Sudarmono, 2002).
Alat-alat tambahan lain pada caput antara lain : dua buah (sepasang) mata facet, sepasang antene, serta tiga buah mata sederhana (occeli). Dua pasang sayap serta tiga pasang kaki terdapat pada thorax.Pada segmen (ruas) pertama abdomen terdapat suatu membran alat pendengar yang disebut tympanum (Rioardi, 2009).




















III.             PEMBAHASAN


Metamorfosis pada belalang
Belalang adalah serangga herbivora yang terkenal sebagai hama dengan kemampuan melompat mumpuni (dapat mencapai jarak hingga 20 kali panjang tubuhnya). Pada umumnya belalang berwarna hijau atau cokelat.Belalang terkait erat secara biologis dengan kecoa dan jangkrik dan masuk dalam kelompok serangga Orthoptera.Saat ini terdapat lebih dari 20.000 spesies belalang.Jenis-jenis Valanga dikenal dengan nama walang kayu. Ukuran dan bentuknya lebih besar daripada Locusta.Belalang ini meletakkan telurnya dalam bentuk paket telur di dalam tanah.Telur dapat tidak menetas selama musim kemarau, dan menetas setelah turun hujan.Stadia telur pada tanah yang lembab menetas 4-5 minggu, stadia nimfa antara 50-80 hari, dan belalang dewasa dapat hidup selama 4 bulan.
Tanaman makanannya adalah jagung, daun/pucuk jati, acasia, albizzia, kelapa, pisang, kluwih, nangka, mangga, kapuk, aren, waru, karet, kopi, kakao, dadap, wijen, jarak. Kapas dan tebu sedikit dirusak, sedang ubi kayu kurang disukai.Pada populasi tinggi semua daun habis dimakan.Tanaman yang tidak disukai adalah padi sawah, sorgum, bambu, alang-alang dan rerumputan lain, dan ubi jalar.Pengendalian dilakukan secara mekanis, hayati, maupun cara kimia. Di beberapa daerah jenis belalang ini disukai sebagai lauk makan maupun cemilan dan dapat dijual-beli
Selain di dalam tanah, belalang juga dapat meletakkan telur mereka pada tanaman (batang, daun, atau bunga). Telur belalang akan tetap tersimpan di dalam tanah hingga berbulan-bulan lamanya dan akan menetas saat musim panas. Induk belalang tidak mengurus anak mereka setelah menetas .Dalam metamorfosis tidak sempurna, belalang dan beberapa ordo lain hewan muda mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran lebih kecil dan memiliki perbandingan tubuh yang berbeda. Hewan itu akan mengalami serangkaian pergantian kulit atau molting, setiap kali dan setelahnya hewan itu akan kelihatan lebih mirip hewan dewasa sampai ia mencapai ukuran penuhnya .
Belalang adalah hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang hanya memiliki 3 tahap, yaitu telur, nimfa, dan imago (dewasa).Dimana tampilan fisik antara nimfa dan imago tidak jauh berbeda. Contoh serangga lain yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah wereng, jangkrik dan kecoa.

Ekologi belalang
Belalang  hidup bersendirian sehingga hujan turun. Hujan mengakibatkan tumbuhan tumbuh dan menggalakkan penghasilan telur yang telah dihasilkan dalam tanah berpasir.Tumbuhan baru ini menghasilkan makanan untuk belalang yang baru menetas dan memberikan mereka perlindungan sehingga mereka membesar menjadi serangga dewasa bersayap.
Apabila tumbuhan tersebar dalam cara tertentu sehingga belalang terpaksa berkumpul untuk makan, dan terdapat hujan yang cukup untuk kebanyakan telur menetas, memaksa hubungan fizikal antara kaki belakang serangga bersentuhan sesama sendiri. Ini mengakibatkan peningkatan kadarmetabolik dan perubahan tingkah-laku yang mengakibatkan perubahan serangga dari tingkah-laku bersendirian kepada tingkah-laku berkelompok (gregarious). Apabila belalang menjadi berkelompok mereka bertukar warna dari hijau kepada hitam dan kuning, badan mereka berubah menjadi pendek, dan mereka menghasilkan hormon yang menyebabkan kesemua mereka berkumpul pada satu kawasan, dan menggalakkan pembentukan kawanan.
Ketika tempoh senyap, dikenali sebagai recessions, belalang terhad kepada lengkungan 16-juta-kilometer-persegi yang melangkaui Gurun Sahara di Afrika Utara, menyeberangi Semenanjung Arab, dan ke barat laut (northwest) India. Apabila keadaan sesuai, kawanan belalang juta menyerbu negara disekeliling kawasan recession, ke utara sehingga ke Spanyol dan Russia dan ke timur sehingga ke India dan Asia baratdaya (southwest).Sebanyak 60 negara boleh terjejas.


Morfologi belalang
Tubuh belalang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu kepala, dada (thorax) dan perut (abdomen).Belalang juga memiliki 6 enam kaki bersendi, 2 pasang sayap, dan 2 antena. Kaki belakang yang panjang digunakan untuk melompat sedangkan kaki depan yang pendek digunakan untuk berjalan. Meskipun tidak memiliki telinga, belalang dapat mendengar.Alat pendengar pada belalang disebut dengan tympanum dan terletak pada abdomen dekat sayap.Tympanum berbentuk menyerupai disk bulat besar yang terdiri dari beberapa prosesor dan saraf yang digunakan untuk memantau getaran di udara, secara fungsional mirip dengan gendang telinga manusia.Belalang bernafas dengan trakea.
Belalang punya 5 mata (2 compound eye, dan 3 ocelli). Belalang termasuk dalam kelompok hewan berkerangka luar (exoskeleton). Contoh lain hewan dengan exoskeleton adalah kepiting dan lobster.Belalang betina berukuran lebih besar ,belalang betina dewasa berukuran lebih besar daripada belalang jantan dewasa, yaitu 58-71 mm sedangkan belalang jantan 49-63 mm dengan berat tubuh sekitar 2-3 gram.











IV.        KESIMPULAN

Adapun kesimpulan yang didapat pada pratikum kali ini adalah:
1.    Praktikan dapat mengetahui bagian bagian tubuh serangga.
2.    Praktikan dapat mengetahui gejala akibat serangan serangga.
3.    Praktikan juga dapat mengetahui ciri ciri dan cara pengendalian serangga.
4.    Hama serangga bukan hanya merusak tanaman jati saja tetapi juga tanaman jagung dan tanaman lainnya.
5.    Belalang dapat menghasilkan telur sekitar 90 butir lelur dan bertelur pada awal musim panas.






























DAFTAR PUSTAKA


Pracaya. 2008. Hama dan Penyakit Tanaman. Penebar Swadaya : Jakarta.
Rioardi. 2009. Ordo-Ordo Serangga.  http://rioardi.wordpress.com/2009/01/21/ordo-ordo-serangga/ Diakses pada tanggal 19 Desember 2013.Bandar Lampung
Sudarmono. 2002. Pengenalan Serangga, Hama, Penyakit, dan Gulma Padi. Kanisius.Yogyakarta.
Saputra,k.2001.Hama Tanaman Pangan dan  Perkebunan.Bumi Aksara.Jakarta.

Sudarmono.2002.Pengenalan Serangga,Hama,Penyakit dan
Gulma.Kanisius.Yogyakarta.
Wardani.Wahyu. 2013.Organisme Penganggu Tanaman. Diakses melalui http://laporan-wahyu-wardani.blogspot.com/  Diakses pada tanggal 19 Desember2013.Bandar Lampung

1 komentar:

  1. New casino at Slots.lv: Is there a better slot machine at the best
    Online 광양 출장안마 slots 광양 출장안마 at Slots.lv · 1. No download · 천안 출장안마 2. The Wild West 용인 출장샵 Gold Slot Machine · 3. The 보령 출장마사지 Ultimate Guide to Playing the Jackpot

    BalasHapus